Selasa, 17 September 2013

Jaga Sholat Kita, Perbaiki Sholat Kita

Sepohon kayu daunnya rimbun, lebat bunganya serta buahnya..
Walaupun hidup seribu tahun, kalau tak sembahyang apa gunanya...
Walaupun hidup seribu tahun, kalau tak sembahyang apa gunanya...


Familiar dengan nyanyian ini? Mungkin sebagian besar kita mengenalinya. Ini lagu yang sering kita dengar dan barangkali diajarkan ketika kita belajar TPA sewaktu kecil.

Ya, Ramadhan ke2, pagi itu di tengah bersiap hendak berangkat ke kantor, aku mendengar dendangan lagu ini, dinyanyikan oleh anak2 kecil di depan rumah. Mereka begitu bersemangat menyanyikannya, bersama-sama. Hampir2 seperti grup nasyid. Sekali mereka selesai, merasa belum puas, maka mereka mengulangi lagi nyanyian tersebut dari awal, sekali lagi.

Aku tertegun, tersenyum sendiri, lantas membatin. Apakah mereka benar2 memahami makna di balik lagu ini? Akankah kelak, saat mereka besar nanti, dengan segala jalan hidup mereka jalani masing2, dengan ujian dan godaan duniawi yg akan mereka hadapi, akan masih mengingat lagu yg mungkin pernah mereka dendangkan semasa kecil, bahkan jauh memaknai makna di baliknya? Semoga... doaku dalam hati. Begitu pula dengan diri ini yg mendengarnya.

Ya, pagi ini aku kembali diingatkan, oleh lisan seorang anak kecil. Aku akui sekaligus memprediksi, di usia mereka saat ini, mereka belumlah memahami makna di dalamnya secara mendalam. Namun apapun itu atau siapapun dia, setiap nasihat kebaikan yg terlontar dari setiap lisan, dan kita mendengarnya, pastilah itu nasihat yang sengaja Allah tunjukkan kepada kita. Hmm, motivasi pagi penguat langkah untuk menjalani hari dengan sebaik2nya, dengan tekad perbaikan. Bismillah...

Jaga solat kita, karena ia adalah tiang agama.
Jaga solat kita, karena itu bukti iman kita padaNya.
Jaga solat kita, karena ia yg akan pertama kali di hisab.
Jaga solat kita, sungguh ialah penguat di kala sulit maupun lapang.
Mari perbaiki kualitas solat kita, karena ia yg kan menjadi furqon, pembeda, sebagai pencegah diri dari yg mungkar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar